Apa itu Analist Kredit,
apakah anda pernah menjadi seorang analis kredit di bank atau di jasa keuangan lainnya ? dan yang berkaitan dengan permohonan pinjaman (kredit). jika pernah maka anda sudah tau teknik analisa pinjaman yang baik dan benar. agar pinjaman tersebut tidak menjadi masalah atau terhindar dari nasabah fiktif. dalam analisa kredit perbankan saat ini peran identitas peminjam sangatlah penting, oleh karena itu banyak sekarang prosedur yang dilakukan ketika melakukan peminjaman adalah melakukan survey langsung ke calon nasabah dengan tujuan untuk mendapatkan informasi yang details mengenai calon peminjam tersebut sehingga jika dikemudian hari pinjaman tersebut bermasalah tidak akan sulit bagi divisi penagihan (collection) untuk melakukan follow up lebih lanjut. 

seiringnya perkembangan dunia perbankan dan semakin ketatnya peraturan-peraturan perusahaan untuk para calon peminjam mengakibatkan tindakan pemalsuan indentitas juga semakin berkembang, saat ini semakin banyak jasa pemalsuan pembuatan KTP, NPWP, SK dll. oleh karena itu tanggung jawab seorang analis juga semakin tinggi. seorang analis pinjaman harus mampu melihat dari dua sisi :
1. Berkas secara administrasi 
2. Hasil survey lapangan

apa itu KTP dan informasi didalamnya
kali ini mbosapp akan membahas dari satu sisi yaitu dari sisi administrasi yaitu Identitas Calon Peminjam, dimana identitas peminjam ini dapat kita lihat berdasarkan KTP, KK, NPWP dan SID (Sistem Informasi Debitur). mbosapp kerucutkan lagi topik membahas mengenai KTP karena di KTP kita dapat melihat beberapa informasi penting yang harus disesuaikan dengan hasil survey lapangan. 

menurut Wikipedia, KTP adalah :
Kartu Tanda Penduduk (KTP) adalah identitas resmi seorang penduduk sebagai bukti diri yang diterbitkan oleh instansi pelaksana yang berlaku di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kartu ini wajib dimiliki Warga Negara Indonesia (WNI) dan Warga Negara Asing (WNA) yang memiliki Izin Tinggal Tetap (ITAP) yang sudah berumur 17 tahun atau sudah pernah kawin atau telah kawin. Anak dari orang tua WNA yang memiliki ITAP dan sudah berumur 17 tahun juga wajib memilki KTP. KTP bagi WNI berlaku selama lima tahun dan tanggal berakhirnya disesuaikan dengan tanggal dan bulan kelahiran yang bersangkutan. KTP bagi WNA berlaku sesuai dengan masa Izin Tinggal Tetap. Khusus warga yang telah berusia 60 tahun dan ke atas, mendapat KTP seumur hidup yang tidak perlu diperpanjang setiap lima tahun sekali. Sejak tahun 2011, KTP non elektronik telah digantikan dengan KTP elektronik.
jika kita sudah tau apa itu KTP berarti seorang analis harus menyesuaikan data tersebut dengan hasil survey dilapangan, jika terdapat ketidaksesuaian maka seharusnya pengajuan pinjaman tersebut tidak dapat dilanjutkan ketahap berikutnya. disinilah yang kemudian menjadi celah / permasalahan karena semakin banyak juga calon peminjam yang mencoba mengakali KTP dengan memberikan KTP tidak asli atau KTP yang dibuat-buat (tidak dikeluarkan oleh instansi resmi pemerintah). 

yang biasanya terjadi pemalsuan KTP itu merubah identitas alamat agar sesuai dengan Tempat yang disurvey secara langsung, jadi alamat yang sebenarnya tidak jelas walau dimungkinkan memang seseorang tidak lagi bertempat tinggal sesuai dengan alamat KTP (tidak melakukan pengurusan perubahan KK). kemudian umur atau tanggal lahir biasanya akan disesuaikan dengan persyaratan minimal / maksimal umur pengajuan pinjaman. memang terlihat sepele (kecil) akan tetapi indentitas ini sangat penting dan dapat dikategorikan  indikasi awal dalam pemeriksaan berkas. 

untuk melakukan chros chek KTP ini seorang analis biasanya dibantu oleh divisi lain (survey) yang dilakukan oleh surveyor biasanya seorang surveyor akan memberikan bukti kunjungan langsung (foto / video). untuk melangkapi proses analisa kredit tersebut mbosapp menilai seorang analis juga memerlukan bantuan aplikasi di handphone. aplikasi tersebut bernama Cek KTP apa itu aplikasi Cek KTP.  Aplikasi buatan Anindyacode. berukuran 9,5 MB dan memiliki rating 4.0 di Google Play Store.

Aplikasi Cek KTP Ini untuk mengecek berdasarkan NIK yang tertera di KTP, dimana dengan hanya memasukkan NIK ke aplikasi kalian akan dapat informasi kode pos kecamatan, kota/kabupaten, provinsi, hari lahir, tanggal lahir, jenis kelamin, serta peta lokasi kecamatan dan beberapa fitur tambahan lain:
1. Informasi usia
2. Informasi Generasi Kelahiran
3. Informasi Zodiak
4. Fitur simpan 
untuk sumber data ini berdasarkan Pemendagri no 137 Tahun 2017.

dengan menggunakan aplikasi ini, seorang analis dapat melihat apakah alamat yang di KTP sudah sesuai dengan alamat pengajuan berkas calon nasabah, kembali lagi Mbosapp katakan bahwa biasanya pencetakan KTP palsu biasanya merubah alamat, umur, sedangkan NIK biasanya benar sesuai dengan identitas calon peminjam (nasabah). dengan bantuan aplikasi ini minimal seorang analis kredit dapat melihat suatu indikasi awal sebelum memutuskan apakah aplikasi pengajuan kredit tersebut layak atau tidak layak. 

untuk mendownload aplikasi ini dapat di download di SINI