Fungsi dan cara penggunaan Aplikasi Sentuh Tanahku sebelum ke BPN
membeli sebidang tanah, rumah, atau bagunan yang memiliki sertifikat BPN pasti mempunyai lokasi dan memiliki denah yang sesuai dengan BPN. jika anda ingin membeli atau menerima agunan berupa tanah, rumah, atau bagunan maka anda harus melakukan survey lokasi terhadap tanah, bagunan, rumah tersebut. terkadang jika kita membaca sertifikat yang resmi kita hanya mendapatkan denah lokasi yang tidak details karena memang biasanya di sertifikat hanya dibuat gambar sederhana mengenai tanah tersebut.
dengan minimnya informasi yang terdapat disertifikat tersebut maka terkadang kita akan sulit melakukan survey karena kita harus mencari informasi lainnya yang dapat memudahkan kita untuk mengetahui keberadaan lokasi tersebut. 
lalu bagaimana mencari informasi lainnya menggunakan handphone ? kali ini Mbosapp memberikan rekomendasi aplikasi yang dapat membantu anda untuk mencari lokasi dari bidang tanah, bangunan, rumah tersebut. aplikasi ini bernama Sentuh Tanahku.

apa itu aplikasi Sentuh Tanahku ??
aplikasi ini adalah buatan langsung dari Kementrian Agraria dan Tata Ruang / BPN, yang direleased pada tahun  20 september 2017. aplikasi ini memliki rate 3+ Google Store dan 2.7 di Appstore. 
aplikasi ini berukuran tidak lebih 20 Mb (Android Phone), 18.9 Mb (IOS phone). 
dengan versi terakhir 2.7 

lalu apa keunggulan dari aplikasi ini ?? menurut Mbosapp keunggulan dari aplikasi ini adalah :
1. anda dapat dengan mudah menuju lokasi plot bidang tanah yang sudah terdaftar di BPN dan memiliki Sertifikat resmi. 
2. size aplikasi yang tidak besar. 
3. kemudahan fitur yang ditawarkan di aplikasi ini. 
4. terintegrasi dengan Google Maps, sehingga lebih memudahkan anda untuk mencari bidang plot tanah. 
5. sudah update untuk wilayah-wilayah di indonesia. 


 




akan tetapi menurut Mbosapp yang menjadi kekurangan dari aplikasi ini adalah :
1. sangat membutuhkan koneksi yang cepat. jika kecepatan internet anda kurang maka umumnya plot bidang lokasi tidak ditemukan. 
2. masih ada beberapa plot bidang yang tidak sesuai dengan sertifikat, karena faktor kemiripan, atau adanya peralihan hak. sebagai contoh dari hak guna bangunan menjadi hak milik. 
3. harus ke kantor BPN terdekat untuk mengaktifkan fitur-fitur yang berkaitan dengan berkas atau info details sertifikat.  
4. tidak ada menu call center untuk bertanya kepada para user aplikasi ini. 

sebagai catatan sebelum anda mendownload dan install aplikasi ini adalah :
1. anda tetap harus memastikan alamat yang muncul di aplikasi ini dengan yang ada disertifikat. terutama yang berkaitan dengan lokasi bidang tanah. (chros chek hasil)
2. anda harus memperhatikan jenis hak yang ada disertifikat (karena kemungkinan bisa terjadi double nomor). 
3. perhatikan untuk wilayah Kabupaten, Kelurahan anda harus menulis sesuai dengan yang tertera di sertifikat tersebut. (perhatikan kode wilayah)

walau tidak sempurna tapi menurut Mbosapp aplikasi ini cukup membantu bagi anda para surveyor yang memiliki tugas untuk memastikan lokasi bidang tanah. terutama bagi anda para surveyor agunan tanah di Bank. aplikasi ini cukup membantu anda untuk mencari dan memastikan lokasi yang tertera di sertifikat tersebut.

Untuk mendownload aplikasi ini dapat di download di SINI Khusus Android Phone
sedangkan untuk IOS phone dapat di download di SINI