FOTO DAN SOCIAL MEDIA
Membuat sebuah foto menjadi lebih menarik  dan enak dipandang adalah salah satu kegiatan yang umum dilakukan sekarang ini, dimana foto tersebut biasanya akan di Upload ke Sosial Media seperti (Instagram, Facebook, etc). mengapa orang berlomba-lomba membuat foto semakin menarik selain alasan hobi tujuan orang lain saat ini menggunakan sosial adalah untuk menambah jumlah followers dengan foto tersebut juga dapat digunakan untuk bisnis juga. dengan aplikasi ini jika kalian memiliki produk untuk jualan dapat semakin menarik minat orang lain untuk membeli / menggunakan produk kalian.

sosial media seperti instagram, facebook sebenarnya juga menyediakan fitur untuk edit foto tapi sangat standar saja seperti instagram fitur edit foto nya adalah filter (gingham, moon, lark, etc) untuk fitur edit fotonya (adjust, brightness, contrast, structure,warmth etc) sedangkan untuk facebook fitur edit fotonya filter serta penambahan emoticon (celebration, heart eyes, laughing) standart editing foto menggunakan sosial media. 

ada banyak aplikasi yang menjadi rujukan orang untuk editing foto di Handphone dengan masing-masing keunggulan dan kelemahannya. kali ini Mbosapp akan membahas salah satu aplikasi yang telah lama Mbosapp pakai untuk edit foto di Handphone yaitu Varnist - Photo Art Effects 

Varnist - Photo Art Effects 
Versi upadate 2.6 Update on 22 May 2020
Telah di Download 10.000.000
Pengembang : Varnist
Release Date : 26 juni 2017
Rate Aplikasi : 4.4
Ukuran File : Android (13 MB), Iphone (26,2 MB)

Untuk mendownload Varnist dapat di Download disini ANDROID, IPHONE

mengacu pada kolom komentar review di aplikasi ini juga banyak yang positif seperti :
- aplikasi ini mudah digunakan
- tampilan dari aplikasi ini sangat mudah digunakan
- banyak effects yang tidak ada di sosial media lain
- fitur sketch kesukaan saya
- awsome app, loads to choose from quick and easy editing. you can continue editing with same pic with different filters without reloading your photo again.

Foto penggunaan aplikasi :
Foto Sebelum

Sketch

Roman Mosaic
Perubahan foto yang biasa menggunakan effects (Sketch, Roman Mosaic) dan masih banyak effects bagus lain yang dapat kalian temukan ketika menggunakan aplikasi ini, untuk fitur lain :
1. Combine dua effects filter didalam satu foto. tidak perlu untuk closed foto terlebih dahulu
2. Style Recolor (merubah warna sesuai yang kita inginkan, serta saturation dari foto tersebut).
3. Painted Area (wilayah yang akan di effects apakah semua foto, objek utama, atau background).
4. Share Social media lengkap (email, instagram, facebook)

sedangkan untuk kekurangan dari aplikasi ini antara lain :
1. Fitur Effects masih ada yang terkunci, harus membayar 14.000/ bln atau 139.000/ thn
2. Fitur untuk HD masih terkunci, dengan biaya yang sama. 

walau sebelum memutuskan membeli effects ini ada kesempatan kalian untuk mencoba terlebih dahulu apakah layak atau tidak membelinya. hal lain yang perlu diperhatikan sebelum mendownload aplikasi ini adalah chek penyimpanan storage handphone kalian terlebih dahulu dan pastikan juga cahaya ketika mengambil foto baik. 

untuk sebuah aplikasi editing di handphone menurut mbosapp aplikasi ini sangat layak untuk digunakan, selain dua kekurangan utama diatas kalian lebih banyak mendapatkan kelebihan-kelebihan dari fitur yang disediakan. aplikasi ini juga dapat digunakan di Handphone ber OS IOS (Iphone). walau size aplikasi yang relatif kecil untuk ukuran sebuah aplikasi editing tapi memberikan manfaat yang besar kepada para pengguna handphone