Element di Aplikasi Adobe Affter Effect 

jika anda memperhatikan beberapa effect dalam sebuah video dalam bentuk animasi, tulisan, text dll. element itu cukup membuat suatu video menjadi lebih menarik untuk ditonton. selain itu fungsi dari penggunaan element tersebut agar pesan yang ingin disampaikan oleh si pembuat video tersampaikan dengan baik. 

jika kalian pernah melihat suatu video yang memiliki efek grafik yang menarik, atau intro pembuka sebuah channel video di youtube sangat memanjakan mata dan menarik bukan, biasanya para editor menggunakan beberapa aplikasi editing video untuk membuatnya. ada banyak aplikasi editing video tentunya yang dapat kalian gunakan juga untuk membuat seperti itu. berikut adalah beberapa contoh aplikasi yang umum digunakan untuk proses editing
1. Adobe Premiere Pro
2. Adobe After Effects
3. Final Cut Pro
dll. 

perlu diperhatikan adalah fungsi dari ketiga aplikasi tersebut, jika dikategorikan yang sedikit berbeda dari fungsi penggunaan adalah adobe after effects, biasanya orang menggunakan adobe after effect untuk menambahkan efek animasi dari sebuah layer footage. sebenarnya bisa juga digunakan untuk mengedit sebuah video tetapi layer yang muncul akan sangat banyak dan tidak sesimple di adobe premiere pro. jadi anda perlu tahu dulu proses editing apa yang akan anda lakukan. menambah elemen animasi / motion grafik atau editing video secara keseluruhan. 

kalian dapat melihat video dibawah ini sebagai contoh penerapan element :


jika anda pengguna adobe affter effects pasti sangat familiar dengan fitur "motion factory". ya dengan fitur ini anda dengan cepat dapat membuat sebuah text, logo, gambar menjadi lebih menarik. 

lalu bagaimana cara penggunaannya :
1. Buka Adobe After Effects Kalian, Mbosapp menggunakan CC 2019
2. Kemudian pilih menu window -> extension -> Motion Factory
3. tunggu beberapa saat, fitur mo4tion factory akan aktif seperti
4. pilih motion yang kalian sukai dan tekan create

Setelah Aktif akan muncul Menu seperti ini :
cukup mudah bukan, Mbosapp akan menjelaskan sedikit fitur yang ada :
1. Circle, akan membentuk sebuah animasi melingkar,  anda dapat membuat intro di youtube dengan ini.
2. Complex, ini biasanya digunakan untuk mengambarkan sebuah data. sebagai contoh penyebaran jumlah penduduk dalam bentuk animasi. 
3. Hologram, motion ini memberikan effek seperti hologram dan bergerak dinamis layaknya mode 3d
4. Title, motion ini biasa digunakan untuk membuat sebuah text tampak lebih real dan informatif. biasanya digunakan di intro youtube atau di video berita informasi. 
5. Warning, jika anda membutuhkan sebuah motion grafik yang mengambarkan situasi berbahaya, atau waktu yang akan habis. motion ini sangat direkomendasikan. 

tentu masih ada beberapa motion lain di fitur ini, tapi Mbosapp melihat 5 motion diatas adalah 5 motion yang paling sering digunakan di sebuah video. semakin banyak element yang kalian masukan didalam sebuah video maka akan semakin lama juga proses render video nya tersebut. 

tips dalam menggunakan motion factory ini memperhatikan letak Keyframe,  karena transisi yang ada sangat tergantung dari keyframe yang kalian buat, sehingga tercipta suatu video yang saling berkaitan dan bersambung sehingga pesan dari penerapan element tersebut dapat tersampaikan kepada para penonton dalam video kalian. sebagai catatan anda dapat juga menambah atau mendownload element tambahan untuk melengkapi fitur motion factory kalian.

demikan Tutorial kali ini dari mbosapp mengenai Motion Factory di Adobe Affter Effects cc 2019