Ada berbagai cara untuk membuat karakter animasi, beberapa menggunakan blender, virtual, atau aplikasi lain. tetapi menggunakan aplikasi di atas membutuhkan kemampuan untuk menggambar objek. nah ini masalah bagi orang yang kurang memiliki kemampuan untuk menggambar objek. memang bisa dipelajari tetapi membutuhkan waktu yang relatif lama.

nah kali ini ada satu cara untuk membuatnya lebih mudah bagi seseorang untuk membuat objek untuk memodelkan materi animasi, yaitu menggunakan ponsel dan aplikasi. temukan saja objek yang ingin Anda animasikan sebagai contoh: Action Figure, Music Figure, dll. selama Anda memiliki bahannya sekarang cukup mudah untuk menghidupkannya.

caranya cukup mudah, menggunakan aplikasi yang sudah tersedia di App Store, atau di Google Store. Aplikasi ini bernama dipslay.land. mungkin Anda pernah mendengar aplikasi ini, terutama animator. pada prinsipnya aplikasi ini bertujuan untuk memudahkan Anda membuat model sehingga model yang bisa Anda gunakan untuk materi animasi tentu menggunakan aplikasi seperti blender, virtual, dll seperti di atas. tetapi Anda tidak perlu menggambar karakter lagi.

Cara-cara berikut: 
1. persiapkan materi yang ingin Anda buat karakter, misalnya saya membuat karakter menggunakan spiderman action figure, dan figur musik Bob Marley. 
2. unduh aplikasi display.land dan kemudian daftar untuk mendaftar. untuk Iphone Anda dapat mengunduh Di Sini, dan untuk Android Anda dapat mengunduh Di Sini. dan aplikasi ini GRATIS 
3. setelah Anda mendaftar, tampilan akan muncul seperti di bawah ini. ditandai awal Anda akan melihat berbagai hasil pos objek animasi dari orang yang menggunakan aplikasi ini. ya seperti instagram. untuk membuat karakter baru Anda cukup menekan "+"

4. setelah Anda menekan tanda "+", layar akan muncul di mana kamera utama ponsel akan bekerja. jadi Anda perlu meletakkan objek yang ingin Anda animasikan dalam ruang yang relatif cerah, jelas, dan cukup bagi Anda untuk dapat mengambil gambar objek. 
5. setelah objek telah diletakkan di tempat yang jelas, cerah dan lapang. maka proses pembuatan karakter dimulai. Anda hanya perlu merekam objek dari setiap sisi (atas, bawah, kanan, kiri) hingga setiap sisi objek dapat direkam atau ditangkap oleh aplikasi display.land. Perhatikan batas rekaman minimum. semakin lama Anda merekam tentu akan mendapatkan hasil yang terperinci tetapi tentu saja ukuran file akan semakin besar.

6. setelah Anda telah mengambil batas maksimum, maka langkah selanjutnya adalah mengunggah hasilnya ke server display.land. Anda hanya perlu menunggu hasil rekaman Anda diproses oleh display.land menjadi karakter animasi. kembali lagi semakin besar file yang Anda berikan akan memakan waktu yang cukup lama juga. 
7. setelah hasil dari objek Anda selesai (Anda akan mendapatkan notifikasi dari display.land) tugas selanjutnya adalah mengunggah hasil ke beranda Anda. mengapa itu harus diunggah ??? ya untuk mendapatkan file karakter ini yang nantinya akan Anda gunakan dalam aplikasi seperti blender, virtual, cinema4d.

8. untuk mendapatkan hasil file, buka hasil upload karakter Anda. lalu tekan "bagikan" akan ada opsi "unduh jala" dan Anda akan diberikan 3 pilihan. biasanya orang akan memilih file OBJ 3D Mesh dan tekan kirim Tautan. Anda dapat mengirim tautan melalui wa, mail, dll.


9. Setelah Anda mengirim tautan file, Anda membuka dan mengunduh setiap file. 

10. Langkah terakhir adalah membuat rig dari model, sehingga nantinya Anda bisa memindahkan objek. caranya adalah dengan menggunakan bantuan situs web mixamo. ya situs ini adalah kumpulan karakter animasi yang dibuat oleh para penggemar animasi di dunia. unggah karakter yang telah Anda buat di display.land dengan mengunggah file. tunggu saja sebentar maka hasilnya akan muncul.

11. Anda hanya memasang hasil model Anda dan selesai. Anda dapat menggunakan model Anda dalam aplikasi perangkat lunak pembuat 3D. seperti blender, virtual, atau cinema4d.


itulah tutorial untuk membuat karakter animasi sesuai dengan mbosaap menggunakan aplikasi di ponsel tanpa root di android. semoga bermanfaat bagi semua pembaca. Terima kasih. Silakan Berlangganan Saluran Youtube Saya. 

langganan Anda akan sangat berguna bagi kami Banyak Terima kasih