Fungsi dan Cara menggunakan Aplikasi Stop Motion di IOS dan Android


Timelapsed, hyperlapsed, slowmotion, dan stop motion adalah beberapa teknik dalam membuat sebuah video, masing-masing proses pembuatan video tersebut memiliki fungsi dan tujuan yang berbeda. kali ini Mbosapp akan membahas mengenai penggunaan aplikasi STOP MOTION dalam membuat sebuah videos. video diatas adalah salah satu contoh video Stop Motion menggunakan aplikasi STOP MOTION STUDIO. objek-objek diatas pada dasarnya tidak bisa bergerak kemudian menggunakan aplikasi objek tersebut dapat bergerak.


apa itu STOP MOTION, dalam blog desainbagus.com dikatakan :
Stop Motion itu adalah teknik di mana sebuah obyek berupa boneka, model, atau gambar digerakkan oleh tangan animator dengan cara memindahkan posisi secara perlahan-lahan. Disetiap gerakan direkam dengan kamera foto ataupun kamera shooting. Dan hasil rekaman itu disusun berurutan, maka yang tercipta adalah kesan seolah – olah bergerak dan hidup


dalam proses pembuatan Stop Motion dapat menggunakan aplikasi yang sudah tersedia secara bebas untuk handphone ios dan android. nama aplikasi tersebut adalah Stop Motion Studio. Stop Motion Studio adalah sebuah aplikasi buatan CATEATER, LLC. dan memiliki rating yang cukup tinggi baik itu di Appstore (IOS) ataupun di Google Play (Android) dengan rating 4+ dengan ukuran aplikasi 128.1 MB (IOS) dan 97 MB (Android). 

ada beberapa fitur yang menurut mbosapp sangat membantu para kreator untuk membuat video stop motion antara lain :
1. Manual exposure and focus, agar mendapatkan focus object secara details dan jelas. dengan fitur ini kalian dapat membuat objek semakin terlihat jelas dan details.





2. ISO untuk mengatur tingkat cahaya ketika sebuah object akan difoto, ISO tertinggi 640
3. Shutter Speed, untuk mengatur kecepatan mengambil foto objek yang akan difoto, semakin rendah Shutter Speed maka cahaya yang diterima harus lebih banyak.
4. Zoom, untuk memperjelas objek yang akan difoto dan sangat dipengaruhi oleh jarak antara handphone dengan objek.
5. Movie Speed, mengatur kecepatan FPS dari video maximum FPS di aplikasi ini adalah 30 FPS. semakin tinggi FPS maka hasil foto akan semakin banyak pula.
 


sebelum mendownload dan install aplikasi ini ada beberapa catatan dari Mbosapp  mengenai fungsi dan tips antar lain :
1. size aplikasi yang cukup besar. jadi perhatikan storage / size memory interlan handphone. 
2. fitur editing hasil lebih banyak yang terbuka di Android, sebagai contoh fitur erase object. di iphone fitur ini masih di locked harus membeli aplikasi terlebih dahulu. 
3. tidak ada fitur stabilizer, oleh karena itu harus menggunakan tripod terlebih dahulu agar objek yang kita foto tidak blur.
4. untuk pengguna iphone aplikasi ini dapat disambungkan secara langsung dengan Macbook sehingga proses editing bisa langsung dilakukan di Macbook. 
5. dalam proses pembuatan stop motion harus memiliki objek (music figure, anime figure, action figure, etc) usahan objek yang akan anda buat stop motion itu menarik. 
6. seting kamera antara frame satu dengan yang lain harus sama agar mendapatkan hasil yang sempurna. jadi objek yang bergerak tidak mengalami perubahan dalam cahaya, shutter speed, zoom, dll.
7.  jika objek kalian memiliki partikular gerak yang banyak maka akan sangat membantu proses pembuatan video karena objek dapat bergerak sesuai dengan yang kita inginkan. 

untuk mendownload aplikasi ini dapat di download disini untuk IOS Phone
dan disini untuk Android Phone.